Tuesday, 10 January 2017

Aneka Cake di BBS (Bengkuring Bakery Street Stories)

KEMARIN. Kue pertama yang dibuat adik perempuanku, Puput adalah sebuah brownies almond berbentuk persegi yang diberikannya kepada Mamak di perayaan Hari Ibu.

Tak disangka, kue buatannya kerap menuai sanjungan. Kini, mau panas mau hujan, ia terus berlatih membuat kue. 

Motivasinya terjun bebas ke dapur dan oprak-oprek bikin kue biasanya untuk membunuh rasa penasaran.

Bahkan teman sebayanya yang mengetahui hobi Puput tersebut, sering minta dibuatkan kue untuk acara ulang tahun dan acara-acara besar lainnya.

Pokoknya, mulai sejak usia dua belas tahun bakatnya mengadon dan memanggang sudah mulai terlihat. Hingga ketika Puput lulus SMP, ia memalak Mamak agar mendaftarkannya di sekolah kejuruan yang berkonsentrasi di bidang gastronomi.

Hobinya itu kebablasan ketika ia bekerja di sebuah restoran Jepang yang ada di Samarinda. Pengalaman demi pengalaman yang ia dapatkan selalu disimpan untuk dirinya sendiri. Malahan, saat pulang kerja, Puput kerap bereksperimen membuat kue.

Berikut adalah portfolio kue buatan Puput yang sedikit-tidak-nya bisa dijadikan masukkan bagi kawan-kawan yang ingin mencoba mengolah kue.

Cup Cake

Cup cake memang pas buat perayaan ulang tahun atau sekedar memberi semangat doi yang lagi ngerjain skripsi ;)

Bentuknya yang menarik dan rasanya yang enak, siapa sih di dunia ini yang enggak suka cup cake? Kue mungil lucu ini biasanya jadi rebutan. Apalagi saat melihat ornamennya yang lucu tersebut, kita tak rela untuk menelannya, lantaran sayang dimakan.

Kesegaraan buah berdampingan dengan nikmatnya Cup Cake.
 
Supaya pangkal cup cake kokoh, nggak mudah hancur, dan gampang dihias, lazimnya, Puput akan membuat cup cake yang berbahan dasar butter cake.

Kemudian, dengan kelincahannya, Puput akan menambakan fondant atau cream, di mana terdapat hiasan buah atau patung singular di bagian atasnya.


Cake dengan Dekorasi Unik

Menghias kue merupakan bagian yang paling menarik dalam proses pengolahan kue. Pembuat kue dipaksa melampui batasan kreativitas dalam mengaplikasikan segala macam bentuk seni.

Lumer di mulut, menari-nari di lidah ;)

Kemahiran seni visual yang jauh di bawah radar tidak membuat Puput geger untuk membuat kue yang artistik. 

Kurang lebih kue yang pernah didekor Puput adalah: action figur, klub sepakbola, dan bahkan aku ingat, dulu kawanku ada yang menguji kemampuan Puput dengan meminta dibuatkan kue yang berwujud seperti Toket. 

Seni visual yang diaplikasikan di atas kue, memanjakan mata dan juga lidah.

Namun sebenarnya, Puput ragu apakah dirinya benar-benar bisa menggambar. Karena ketika ia mencoba menorehkan cream di atas sebuah cake, everything turn into a joke.
 

Cake in Jar

Hasil foto @satyaaaaa_ yang mengedepankan estetika pada sebuah produk makanan, yuk main ke akun intagram-nya :D

Satu karya Puput yang menurutku mengagumkan adalah kepiawaiannya membuat Cake in Jar.

Memang susah-susah gampang. Memasukkan cake ke dalam sebuah gelas atau kendi lapis per lapis. Berkat segenap daya dan upaya, Puput bisa melakukannya. Cake in jar buatannya tersebut paling pas dinikmati di kala waktu senggang atau saat berkumpul bersama keluarga. 

...
 
Begitu aku memahami bahwa Puput sangat menyukai membuat kue, dengan segala keterbatasan aku mencoba membuat sarana yang baik baginya untuk menyalurkan hobinya tersebut. Kami mengelola sebuah bake shop online yang diberi nama Bengkuring Bakery Street. 

Di BBS (sapaan akrab Bengkuring Bakery Street), kawan-kawan bisa menikmati berbagai macam varian cake dan roti yang tentunya memiliki kualitas rasa dan harga terjangkau.

Lalu, bagaimana perkembangan usaha online kami tersebut? Sebentar, masih meratakan pinggang buat menulis. BW

1 comment: