Saturday, 7 January 2017

Kedai Es Kotor: Nostalgia yang Berjalan Dingin

KEMARIN. Sejak awal mendengarnya, segala hal mengenai Kedai Es Kotor sudah memberikan kesan negatif. Jorok, tidak bermutu, dan pastinya: KOTOR. 

Muncul ke permukaan di pertengahan tahun 2010, Kedai Es Kotor tak henti-hentinya membuat kejutan dengan berbagai macam aktvitas yang mereka lakukan.

Adalah Bang Joni, lelaki berpostur tubuh sedang dengan janggut tipis menjuntai indah di dagunya yang lancip, berhasil mengubah persepsi negatif tersebut menjadi kekuatan marketing yang sangat memukau.

Untuk itu, aku menulis beberapa hal mengenai Kedai Es Kotor milik Bang Joni yang umumnya tak diketahui orang kebanyakan, khususnya warga Bengkuring.

Varian rasa di Kedai Es Kotor yang segar dan penuh kejutan.

... 
 
1. Apasih yang dijual Kedai Es Kotor?

Ice blend. Minuman tersebut terbentuk dari: es batu yang dihancurkan sampai halus, biasanya menggunakan mesin blender.  

Biar lebih nikmat, dicampur dengan kopi, perasa minuman atau sirup beraroma, sehingga menciptakan rasa minuman yang nikmat dan memberi sensasi dingin. 

Lalu, apa kelebihan Kedai Es Kotor? Setahuku, Bang Joni memberi tambahan topping berupa coklat dan keju parut, dan sesekali whipe cream atau es krim untuk menambah kenikmatan serta agar penyajiannya lebih mentereng. 

Memiliki bahan dasar rahasia berupa serbuk kopi dan coklat yang memanjakan lidah. Dengan takaran air dan es batu yang sudah diukur sebelumnya, membentuk ice blend Kedai Es Kotor memiliki rasa yang khas dan berbeda.

Aku sendiri suka ice blend rasa Choco Cream. Aku meminta Bang Joni melipatgandakan taburan coklat dan es krim di atasnya. Aku takkan berhenti menyeruput sampai efek Brain Freeze menggantung di kepala.
 

2. Kebanggaan Warga Bengkuring

Kedai Es Kotor membuka outlet pertamanya di Perumahan Bengkuring Tepian Permai, jalan Pakis Hijau 1, Blok D, Nomor 257.

Berada di kawasan strategis (persis di samping SMPN 29 Samarinda), Kedai Es Kotor melesat menjadi brand yang digemari oleh setiap lapisan masyarakat, khususnya golongan remaja dan anak muda.

Harganya yang terjangkau membuat siapa saja bisa menikmati ice blend di Kedai Es Kotor. Outlet-nya persis di samping rumahku, dan setiap hari juga aku merasakan kesegaran ice blend Kedai Es Kotor.
 

3. Mengubah Sistem menjadi Usaha Waralaba

Di era keemasan bisnis waralaba, Kedai Es Kotor merentangkan sayap dengan mengubah konsep penjualannya. Membuat mitra bisnis yang mereka sebut "investasi membawa berkah".

Harga terjangkau dan jaminan berkembangnya usaha di masa depan, membuat orang-orang berlomba-lomba ingin menjual ice blend Kedai Es Kotor.

Gerombolan orang-orang yang tak sabar merasakan ice blend di Kedai Es Kotor.

Seiring berjalannya waktu, permintaan orang-orang yang ingin menjual ice blend Kedai Es Kotor semakin melimpah ruah. Terbukti dari terhitung banyaknya cabang-cabang outlet yang tersebar di Samarinda dan juga Tenggarong. Membuat Kedai Es Kotor semakin dikenal masyarakat.

...
 
Ketika Kedai Es Kotor sudah tak lagi terlihat, aku merasa sedih.

Bahkan ketika Bang Joni menyatakan dirinya pindah dari Samarinda ke daerah Hulu Mahakam, aku selalu bertanya-tanya pada diri sendiri, bagaimana caranya aku bisa merasakan kesegaran Es Kotor di saat matahari terik? Apakah aku masih bisa menikmati segelas es coklat yang dapat menyejukkan hati?

Semua pertanyaan itu mengambang hebat di kepalaku dan seketika hatiku yang kosong terisi dengan pesan singkat Bang Joni yang menyatakan Kedai Es Kotor (akan) Datang Lagi. BW

0 comments:

Post a Comment