Thursday, 12 January 2017

Roti Gembung khas Samarinda; Paling Enak Dicelup dengan Banyu Teh

KEMARIN. Bisa dibilang beruntung, terlahir sebagai urang Samarinda.

Sebab, sejak kecil, setiap pagi Mamak sudah terbiasa menyodorkan roti gembung sebagai hidangan pengganjal perut sebelum berangkat ke sekolah.

Balutan mentega dan gula pasir yang terkandung di dalamnya membuat makanan khas Kota Tepian itu menari indah di lidahku.

Sajian kegemaran urang Samarinda. Taken by @satyaaaaa_

Konon, orang Indonesia pertama kali mengenal roti gembung dari orang Belanda yang datang membawa banyak peradaban. Roti bagi orang Belanda adalah makanan pokok paling penting.

Bahkan katanya, sebelum makan mereka kerap menyelipkan kata roti di untaian doa yang mereka panjatkan.

Kemudian aku ketahui, di Belanda orang-orang sangat suka menyantap roti dengan ditemani secangkir kopi atau teh.

Mengingatkan aku pada kebiasaan Nenek yang senang mencelupkan potongan roti gembung ke dalam teh manis olahannya. "Pina kada nyaman meuntal roti gembong kada dicalap wan banyu tih," ucap Nenek seraya menunjukkan sederetan gigi palsunya.

Nikmatnya roti gembung yang disajikan bersama secangkir teh.

Banyaknya kedai roti gembung yang bertebaran menambah keyakinanku kalau urang Samarinda sendiri adalah klan pecinta roti.

Bilang Nenek, kedai roti gembung pertama yang ada di Samarinda berada di sekitar Jalan Biawan, di mana orang-orang kala itu menjulukinya "Roti Bawah Pohon Kulur" karena rumah si pembuat roti yang tepat berada di bawah pohon kulur atau keluih. 

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, roti gembung atau orang di luar Pulau Kalimantan kerap memanggilnya roti manis sudah berevolusi menjadi kuliner menjanjikan dan digemari masyarakat.

Tak jarang para pembuat roti gembung menambahkan inovasi-inovasi terbaru seperti: selai durian, coklat berlapis keju, dan sosis seperti halnya hot dog di Amerika.

Varian roti gembung yang memiliki jutaan rasa yang nikmat.

Aku sendiri suka roti gembung yang dikombinasi dengan sosis dilumuri saus pedas manis dan mayones. Gurih. Manis. Asin. Panas. Semua menyatu di dalam mulutku.


Memang, terlalu banyak kuliner-kuliner lain yang mengiming-imingi kenikmatan dan mengedepankan terobosan terbaru.


Namun menurutku, roti gembung tidak kalah menarik. Bahkan bisa lebih baik. Sebab sejatinya, roti gembung sudah memiliki rasa yang super nikmat.

Roti gembung yang dijaja online.

Dan kurasa, untuk bisa menyukai dan menerima apa yang ada di luar diri kita, terlebih dahulu kita harus mencintai apa yang ada di dalam diri kita. Terlebih, hal tersebut adalah sesuatu yang sangat besar. BW

2 comments: